Tips Menghindari Kerusakan pada Pompa Air

jasa service pompa air

Pompa air adalah mesin yang berfungsi untuk mengalirkan air dari permukaan rendah menuju ke permukaan yang lebih tinggi. Umumnya, pompa air banyak digunakan untuk memindahkan air dari sumur menuju bak penampung air. Sesuai dengan fungsinya tersebut, kehadiran pompa air di era sekarang ini sangatlah dibutuhkan bagi segala jenis bangunan, tidak terkecuali rumah Anda.

Setiap rumah modern pasti akan memerlukan bantuan mesin pompa untuk mencukupi pasokan air di rumah. Itulah mengapa, pompa air bukan lagi barang mewah yang susah untuk didapatkan. Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko bangunan dengan bermacam-macam tipe. Karena banyaknya jenis dan harga yang sangat variatif tersebut, Anda dituntut untuk bisa cermat dalam memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan. Pompa air yang bagus bukan berarti harus mahal dan tidak juga terlalu murah. Pemilihan pompa air harus Anda sesuaikan dengan beberapa hal, seperti:

  1. Daya listrik
    Setiap jenis pompa air memiliki variasi daya listrik (watt) yang berbeda-beda. Anda perlu memperhatikan daya listrik yang ada di rumah Anda. Pastikan Anda bisa menyesuaikan keduanya, agar pompa air yang Anda pilih tidak menyedot sebagian besar pasokan listrik di rumah Anda. Dengan mempertimbangkan faktor ini, diharapkan pompa air yang Anda pilih nantinya tidak akan mengganggu kinerja peralatan elektronik lainnya.
  2. Sumber air
    Sebelum Anda memilih pompa air yang jenisnya sangat variatif, tentukan dulu sumber air yang ada di rumah Anda. Sumber air bisa berasal dari sumur gali, sumur bor, atau penampungan air. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan jenis pompa yang cocok dengan sumber air yang ada di rumah Anda. Misalnya, sumber air di rumah Anda adalah sumur gali atau penampungan air. Mesin pompa yang cocok untuk mengalirkan air dari kedua sumber tersebut adalah jenis pompa booster.
  3. Kedalaman permukaan air
    Seberapa dalamnya air yang berasal dari sumber air, juga akan mempengaruhi Anda dalam memilih mesin pompa. Seperti misal sumber air yang digunakan di rumah Anda adalah sumur bor, Anda harus menggunakan pompa hisap/ sedot. Kekuatan dari pompa jenis ini akan jauh lebih kuat untuk mengalirkan air dari sumur yang lebih dalam.
    Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa kedalaman permukaan air berbeda dengan kedalaman air. Kedalaman permukaan air adalah jarak dari permukaan air hingga ke mesin pompa air secara vertikal.

Ketiga panduan di atas bisa Anda gunakan sebagai acuan dasar sebelum memilih pompa air seusai dengan yang Anda butuhkan. Dengan memilih mesin pompa yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda, bisa meminimalisir kerusakan pompa air. Tetapi jika mesin pompa Anda sudah terlanjur rusak, percayakan service pompa Anda pada penyedia jasa service pompa air yang profesional. Mereka akan membantu Anda memasang dan memilihkan mesin pompa yang sesuai dengan karakteristik rumah Anda. Dengan begitu, Anda tidak lagi salah dalam memilih mesin pompa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *