Tips Jitu Merawat Sepatu

Merawat sesuatu lebih susah dibandingkan dengan ketika kita ingin mendapatkannya. Ya, terkadang kejadiannya memang seperti itu. Termasuk juga soal merawat sepatu. Alas kaki yang sudah lama sekali muncul ini menjadi satu benda yang sering tidak terjaga. Posisinya yang berada di paling bawah yang dikenakan oleh tubuh ini membuat benda ini harus berhadapan dengan segala macam kotoran seperti genangan air, debu, dan lumpur. Ketiganya ini merupakan musuh besar bagi seseorang yang ingin memiliki alas kaki yang awet. Sebenarnya kita tetap bisa mengupayakannya agar keinginan kita tercapai. Selain berusaha sebisa mungkin menghindari genangan air, debu, dan lumpur tersebut, kita juga harus tahu cara merawatnya.

Perawatan sepatu tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh semua orang. Memang, untuk jenis yang berbeda dibutuhkan juga perawatan yang berbeda walaupun rata rata perawatannya cukup mudah. Untuk jenis berbahan kulit misalnya. Agar awet dan tetap terlihat tidak kusam serta tetap seperti baru adalah tergantung seberapa sering di semir. Jangan lupa, sebelum anda menyemirnya anda harus selalu membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Partikel debu yang menmpel jika langsung disikat saat menyemir bisa merusak permukaan kulit. Juga, kotoran yang menempel jika langsung disikat dapat memungkinkan kotoran tersebut menyebar dan membandel. Gunakan saddle soap atau sabun khusus untuk membersihkannya. Tetapi bagi yang tidak memilikinya, bisa juga gunakan lotion untuk menghilangkan debu dan kotoran. Setelah dipastikan bersih, barulah anda menyemirnya. Gunakan semir yang berkualitas, lalu sikat hinggar merata. Setelah itu diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain. Jika anda rutin maka akan membuatnya awet dan selalu tampak baru.

Untuk jenis lain, seperti sneakers tentu tidak perlu proses menyemir. Yang perlu anda perhatikan agar sneakers awet adalah tentang bagaimana cara mencuci dan membersihkannya. Saat sepatu sneakers anda kotor apalagi berlumpur, segeralah untuk mencucinya. Membiarkannya terlalu lama, akan membuat lumpur yang menempel menjadi membandel. Pastikan juga ketika menyikat anda tidak terlalu bersemangat atau tidak terlalu keras sampai merusak permukaan bahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *