Resep Masakan Indonesia Puding Roti Kukus

Salah satu resep masakan Indonesia yang sering dibuat sebagai camilan adalah puding roti kukus. Kita juga bisa membuatnya sendiri karena memang mudah dipraktekkan dan rasanya lezat. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara laina dalah susu putih cair sebanyak tiga ratus mililiter, vanili bubuk sebanyak seperempat sendok teh, telur ayam sebanyak tiga butir, roti tawar sebanyak lima lembar, margarin sebanyak tiga puluh gram, kismis atau keju yang telah diparut serta gula pasir sebanyak lima puluh gram. Sebelum mulai memasak puding roti kukus ini, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Persiapan bahan terutama akan membuat proses memasak puding akan lebih mudah serta nyaman.

Untuk roti tawarnya, bersihkan bagian pinggir roti menggunakan pisau agar hasilnya rata dan bersih tanpa sisa. Sobek-sobek roti tersebut menggunakan tangan dan masukkan dalam wadah yang nantinya akan dicampur bersama bahan lain menjadi adonan roti. Parut keju menggunakan parutan dan masukkan dalam wadah lalu sisihkan. Potong kismis menjadi dua bagian dan sisihkan dalam wadah berbeda. Resep masakan Indonesia puding roti kukus diawali dengan merebus susu putih dalam panci. Tambahkan gula pasir serta vanili bubuk. Aduk semua bahan sampai gula pasir larut sempurna. Jika sudah mendidih, masukkan roti kukus dan aduk perlahan hingga roti hancur merata.

Kocok telur hingga mengembang. Masukkan campuran telur serta margarin ke dalam rebusan susu. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Tunggu sampai menguap, lalu masukkan bahan-bahan ini ke dalam cetakan khusus. Kukus selama lima menit. Jika sudah matang, angkat puding dari kukusan dan tambahkan taburan kismis serta keju parut di atasnya. Masukkan kembali puding ke dalam panci untuk dikukus selama tiga puluh menit. Jika puding telah mengeras atau bersatu hingga matang, keluarkan dari dalam oven. Tunggu hingga dingin lalu masukkan ke dalam lemari es. Resep masakan Indonesia puding roti kukus telah siap untuk disajikan dengan rasa dingin yang merata. Demikian resep puding roti kukus ini semoga bisa dipraktekkan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *