Perkembangan Teknologi Mesin Diesel Terbaru

Perkembangan teknologi tidak hanya terjadi dibidang informasi saja, namun juga pada bidang otomotif. Banyak orang beranggapan tentang mobil diesel khususnya ada mesin diesel itu sendiri bahwa mesin diesel merupakan mesin yang banyak membawa polutan yang kotor, dan juga loyo atau tidak bertenaga. Disini akan dijelaskan mengapa mesin diesel masih layak digunakan sama halnya dengan mesin bensin. Perkembangan dari teknologi mesin diesel dipicu oleh ketatnya regulasi emisi gas buang kendaraan bermotor, hal ini menyebabkan beberapa perusahaan penghasil mobil harus memutar otak untuk dapat memproduksi mesin diesel yang bersih bebas dari polutan.

Tuntutan akan mobil dengan lebih banyak tenaga serta tanpa harus mengorbankan banyak bahan bakar semakin banyak adanya. Akibatnya banyak produsen penghasil mobil diseluruh dunia berlomba-lomba untuk membuat mobil diesel menjadi sebuah mobil yang tak kalah favorit. Saat ini sudah keluar mobil diesel dengan istilah clean diesel engine, bahkan sekarang mesin diesel perkembangannya sangat pesat dibandingkan dengan mesin lainnya. Kini pasar pun sudah mulai banyak yang menghendaki mobil bermesin diesel mengingat mesin diesel sudah tidak polutan lagi seperti dahulu.

Di Eropa mobil dengan mesin diesel lebih banyak laku dipasaran ketimbang mobil bensin. Ada tiga teknologi mesin diesel :

  1. Common Rail Direct Injection
  2. DPF (Diesel Particulate Filter)
  3. Turbodiesel

Ketiga nya tadi merupakan jenis mesin diesel dengan teknologi baru yang pasti jauh berbeda dengan mesin diesel pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *