Perbandingan Gopro Hero 5 Black Dengan Gopro Hero 4 Black

Siapa yang tidak tahu mengenai GoPro Hero, kamera yang (katanya) paling wahid di kalangan millenial jaman ini? Apabila pertanyaan di atas saya ajukan pada anak muda jaman sekarang, saya jamin tidak akan ada yang angkat tangan. Wajar saja, mengingat akhir-akhir ini, banyak orang yang menyenangi dan menggunakan GoPro Hero, khususnya dalam hal action.

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya, 2 GoPro Hero seri terbaru masing-masing adalah GoPro Hero 4 dan GoPro Hero 5, di mana salah satu serinya adalah black. Sebagai seri yang lebih baru, GoPro Hero 5 Black sudah pasti hadir dengan fitur yang lebih canggih dibandingkan pendahulunya, yakni GoPro Hero 4 Black.

2

Tanpa berpanjang kata, di bawah ini adalah perbedaan antara GoPro Hero 5 Black dibandingkan GoPro Hero 4 Black. Para hobbyist, apakah kalian siap melihat perbedaan yang ada pada GoPro Hero 5 Black dibandingkan pendahulunya, yang membuat action camera satu ini menjadi lebih hebat?

Mari kita lihat!

  1. Harga Kamera

Bisa dibilang, faktor harga memegang peranan yang penting dalam segala hal, termasuk hal-hal yang menyangkut hobi. Tentu, kita tidak ingin menghabiskan waktu untuk hobi yang terlalu boros, bukan?

Hal yang sama juga berlaku untuk hobbyist yang menyukai action camera untuk segala situasi. Tentu, di dalamnya juga memerlukan kamera dengan harga yang terjangkau tetapi dengan fitur yang berlimpah. Dikaitkan dengan kedua GoPro Hero yang dibahas dalam artikel ini, yakni GoPro Hero 4 Black dengan GoPro Hero 5 Black, terlihat jelas dalam situs PlazaKamera.com bahwa selisih harga antara keduanya mencapai lebih dari 1 juta rupiah, di mana GoPro Hero 5 Black berharga Rp5 .790.000, sementara GoPro Hero 4 Black, bahkan sampai Hero 5 Black keluar, masih di harga Rp 6.990.000.

Melihat perbandingan harga ini, pasti muncul pertanyaan “Apa masih bagusan Hero 4 Black? Padahal lebih baru Hero 5 Black..”, dan jawabannya adalah “tidak”.

Karena GoPro Hero 5 Black ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang membuatnya lebih hebat dibandingkan GoPro Hero 4 Black. Penasaran? Yuk, baca poin-poin selanjutnya!

  1. Dengan atau Tanpa Underwater Housing?

Poin kedua ini cocok untuk para hobbyist pecinta action dan segala sesuatu yang berhubungan dengan air. Hal ini terutama berlaku untuk para hobbyist “bidang air” yang tidak bisa lepas dari action camera semacam GoPro Hero 4 ataupun 5 Black.

Apabila melihat dari keterangan situs PlazaKamera.com, GoPro Hero 4 Black dilengkapi dengan underwater housing, sementara GoPro Hero 5 Black tidak. Apakah ini berarti GoPro Hero 4 Black lebih hebat? Tunggu dulu…

3

Action camera yang memiliki underwater housing mewajibkan Anda untuk tes kebocoran terlebih dahulu sebelum menyelam. Bayangin aja, kalau suatu waktu housing-nya bocor, dan kameranya belum waterproof, ya siap-siap “good bye” aja sama kameranya.

Karena itulah, GoPro Hero 5 Black yang tidak memiliki (atau lebih tepatnya, tidak memerlukan) underwater housing adalah pilihan jauh lebih praktis. Tidak perlu terlebih dahulu tes kebocoran, sudah bisa digunakan dalam air (cukup pastikan penutup baterai dan memory sudah rapat).

Nah… TAPI, Hero 5 Black hanya mampu dibawa ke kedalaman 10m sementara kombinasi Hero 4 Black dan Dive Housing nya bisa mencapai 40m. Menurut Anda mending mana? Tetap Hero 5 sih, toh kita juga jarang nyelam dalam-dalam. Kalau butuh dalam, tinggal tunggu GoPro pasarin housing khusus untuk Hero 5 aja.

  1. Kemampuan untuk “Menemukan Orang Hilang”

Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Kita tahu dalam beberapa dekade terakhir, ada komunitas hobbyist yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Termasuk di dalamnya pecinta action camera.

Dan ternyata, kebanyakan dari mereka adalah traveller. Nggak asal traveller, tapi adalah traveller yang juga sering lupa mereka perna ambil foto dimana aja :D.

Nah, GoPro Hero 5 Black hadir sebagai jawaban dengan menjadi “reminder” melalui fasilitas location capture. Adanya fasilitas yang tidak ada dalam GoPro Hero 4 Black ini memungkinkan para hobbyist untuk menandai lokasi dirinya saat menggunakan kamera, sehingga lebih mudah untuk mengingat lokasi foto, sekaligus lebih mudah untuk penataan file-nya nanti dibanding GoPro Hero 4 Black.

  1. Adakah “Auto-Upload”?

Adanya auto-upload ini juga merupakan salah satu kekuatan kompetitif GoPro Hero 5 Black dibandingkan GoPro Hero 4 Black. Bukan hanya itu, fitur auto-upload ini juga akan sangat berguna bagi hobbyist yang suka bernostalgia dengan hasil karya mereka.

Dengan adanya fitur auto-upload pada GoPro Hero 5 Black, hasil foto maupun video yang ada dapat dicadangkan ke GoPro Plus, sehingga tidak usah menggantungkan diri ke satu penyimpanan saja. Fasilitas yang sama juga dapat digunakan untuk menghemat kuota Memory Card, kalau-kalau suatu kali kuotanya penuh. Bagaimana dengan GoPro Hero 4 Black?

GoPro Hero 4 Black tidak memiliki semua fasilitas itu. Yang ada hanyalah konektivitas wi-fi dan Bluetooth, di mana konektivitas ini juga dimiliki GoPro Hero 5 Black. Tetap saja, manakah yang lebih hebat?

4

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai perbandingan GoPro Hero 5 Black dengan pendahulunya, yakni GoPro Hero 4 Black. Secara umum terlihat jelas bukan, kalau GoPro Hero 5 Black memang pilihan terbaik untuk para hobbyist manapun?

Dengan fasilitas yang berlimpah, dijamin, kalian para hobbyist tidak akan menyesal membelinya.

Okeh, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *