Merintis Usaha Desain Logo Perusahaan

Salah satu hal yang paling sering dilupakan banyak perusahaan adalah pentingnya logo pada kemasan produk dan tidak sedikit pula perusahaan yang tidak memiliki logo untuk produk mereka. Sejitu apapun dan sehebat apapun strategi bisnis dan marketing sebuah perusahaan apabila melupakan logo pada kemasan produk atau logo produk akan sangat sulit untuk berhasil karena logo merupakan pintu gerbang kedalam pikiran konsumen seperti yang telah ditulis oleh pakar marketing terkemuka Philips Kotler. Seperti yang sering kita lihat akhir-akhir ini banyak sekali perusahaan yang merubah logo mereka dari perusahaan multi nasional hingga BUMN di Indonesia antara lain BNI, Indosat dan Pertamina. Khusus untuk kasus logo-logo baru BUMN tersebut ternyata banyak selaki menuai kontrovesi terutama menyangkut besarnya dan mahalnya biaya pembuatan desain logo BUMN ini yang jauh diatas rata-rata biaya desain logo perusahaan umumnya.

Memulai atau merintis sebuah usaha atau bisnis logo perusahaan memang bukan perkara yang mudah tetapi bukan juga tergantung bakat. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi seperti perubahan teknologi dan persaingan pasar yang kian ketat. Ketatnya persaingan ini semakin memaksa kita untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam segala bidang tanpa terkecuali dalam logo perusahaan untuk melancarkan strategi bisnis dan marketing yang handal untuk memenangkan pertempuran merebut pangsa pasar atau juga mempertahankan pangsa pasar yang sudah dengan susah payah dibangun. Mengamati pasar, mengenali kompetitor hingga menilai potensi pasar adalah hal wajib dan penting untuk dilakukan sebelum memilih strategi mana yang akan dipakai. Ada banyak cara dalam memilih dan menerapkan strategi yang dianggap terbaik. Strategi yang tersediapun sudah sangat banyak seperti blue ocean strategy, red ocean straegy, new waves marketing, gen-y marketing dan lain lain. Karena memang masing-masing pakar marketing dan bisnis memiliki pandangan tersendiri maka sangatlah sulit bagi kita orang awan untuk memilah-milah mana yang paling tepat.

Karena memang desain logo perusahaan merupakan tataran paling bawah dari salah satu manajemen strategis dari perusahaan, dan merupakan implementasi dari strategi bisnis dan juga marketing perusahaan maka biaya dari jasa pembuatan desain logo adalah biaya yang terlalu sedikit dan murah jika memang dibandingkan antara biaya dan keuntungan yang didapat oleh perusahaan dari logo baru mereka. tetapi perlu diketahui bahwa ada serangkaian tahapan yang harus dilewati sebelum menentukan waktu kapan sebuah organisasi harus merubah dan mengganti desain logo perusahaan baru.

Sebuah desain logo perusahaan boleh dikatakan sebagai urat nadi kehidupan sebuah perusahaan maka dari itu harus dibuat dengan penuh kejelian oleh ahlinya yang telah berpengalaman dan bukan oleh para siswa atau juga mahasiswa. Logo merupakan penyajian grafis merek yang akan menjadi wakil perusahaan dalam benak masyarakat. Ketika konsumen dihadapankan pada suatu bentuk grafis tertentu sebagai sebuah rangsangan pada saraf mata maka otak akan memberi makna melalui asosiasi. Asosiasi antara bentuk grafis dengan elemen-elemen grafis inilah yang membentuk citra perusahaan yang pada akhirnya bentuk logo ini akan menjadi corporate identity perusahaaan.

Terdapat kaitan yang sangat erat antara corporate identity dan corporate image dimana pada yang pertama adalah identitas yang disampaikan oleh perusahaan sedangkan yang kedua adalah persepsi konsumen terhadap apa yang disodorkan oleh perusahaan tersebut. Logo merupakan bagian dari identitas yang bersifat fisik karena dapat muncul dalam bentuk kop surat, kartu nama, merek, kemasan sampai pada cap stempel troder perusahaan sehingga seringkali disebut sebagai visual identity. Visual identity diharapkan dapat memberi makna yang luas melintasi batas negara dan budaya. Logo diharapkan menjadi pintu masuk kedalam persepsi konsumen. Bisa dikatakan desain logo perusahaan tidak dapat lagi hanya sekedar menggunakan imaginasi tetapi harus juga mengerti visi misi dan strategi marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *