Meningkatkan kemampuan Listening dengan Beberapa Cara Sebagai Berikut

Related image

Saat kamu berusaha menguasai bahasa Inggris, maka ada beberapa aspek yang perlu kamu kuasai. Beberapa diantarnya seperti reading, speaking, writing dan terakhir listening. Listening atau mendengarkan merupakan salah satu skill yang perlu kamu kuasai jika ingin mahir dalam berbahasa Inggris. Tanpa kemampuan listening, proses belajar akan berjalan lebih sulit dan kamu juga tidak bisa menguasai bahasa Inggris secara keseluruhan. Di sisi lain, memiliki kemampuan listening juga bisa membantu kamu saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris atau ingin mendengar berbagai hal dalam bahasa Inggris. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan listening? Berikut ini 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris.

Dengarkan dengan kecepatan yang lambat

Untuk melatih kemampuan listening, kamu tentu perlu lebih sering mendengarkan berbagai hal yang menggunakan bahasa Inggris seperti podcast, video, dll. Tapi, tak jarang cara itu justru akan menyulitkan kamu karena kecepatan suara yang terlalu cepat sehingga lebih sulit untuk dipahami. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian karena dalam proses belajar kamu harus bisa mencerna betul apa yang diucapkan dan memahami berbagai ucapan dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba untuk mendengarkannya dengan tempo yang lebih lambat dan mencerna kata demi kata secara perlahan. Cara ini bisa kamu laukan dengan mudah atau dengan mengikuti kursus bahasa Inggris EF untuk bisa mendapatkan bantuan pengajaran yang lebih terarah. Sehingga kamu bisa meningkatkan kemampuan listening dengan lebih mudah.

Dengarkan pidato

Kamu mungkin suka mendengarkan musik untuk melatih kemampuan listening. Tapi, cobalah untuk mendengarkan hal lain seperti pidato. Pidato bisa menjadi pembelajaran jika kamu ingin meningkatkan kemampuan listening sekaligus mendapatkan ilmu baru. Caranya, kamu bisa mendengarkan atau menonton video yang berisikan pidato dari salah satu orang yang cukup berpengaruh. Pidato tersebut dapat menjadi bahan motivasi sekaligus merangsang kemampuan listening kamu agar dapat meningkat seperti saat mengikuti kursus bahasa di EF Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *