Kram Perut Karena Gangguan Pencernaan? Bisa Diatasi dengan Makanan Ini!

Image result for kram perut

Pencernaan merupakan salah satu sistem dalam tubuh. Jika terjadi masalah pada sistem pencernaan bisa menyebabkan penyakit seperti sembelit atau susah buang air besar. Banyak faktor yang menyebabkan sembelit seperti makan karbohidrat secara berlebihan dan tidak diimbangi dengan serat. Untuk mengatasi sembelit, maka Anda bisa melakukan cara berikut seperti informasi yang ada di GueSehat dan mengkonsumsi makanan memperlancar pencernaan.

Cara paling mudah adalah dengan banyak minum air putih. Sembelit sebagian besar disebabkan karena tubuh kekurangan cairan sehingga menyebabkan kotoran menjadi keras sehingga buang air besar menjadi susah. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per harinya, membantu untuk memperlancar proses pencernaan. Air putih juga membuat tubuh Anda tidak dehidrasi.

Kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk memperlancar pencernaan. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu:

  • Ubi jalar yang kaya akan karbohidrat kompleks, Vitamin B6, vitamin C.
  • Buah pepaya yang tinggi serat dan air.
  • Brokoli yang mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah kanker dan kandungan seratnya membantu memperlancar buang air besar.
  • Kentang mengandung zat besi dan serat sehingga cocok.
  • Buah pisang yang memiliki serat tinggi untuk memperlancar BAB serta kandungan protein untuk memelihara serta memperbaiki jaringan saluran pencernaan dan memperlambat pencernaan karbohidrat.
  • Alpukat yang memiliki kandungan lemak omega-3 yang berfungsi untuk membersihkan usus dan mencegah terjadinya masalah pada pencernaan sehingga dinding usus menjadi lebih lembab dan halus dan membuat Anda lebih mudah BAB.

Cara lain untuk memperlancar BAB agar tidak nyeri atau kram perut adalah:

  • Detoksifikasi tubuh misalnya dengan mengkonsumsi jus lidah buaya.
  • Menghindari makan ketika Anda sedang stress. Hal tersebut disebabkan karena adrenalin yang diproduksi tubuh saat stress bisa membuat aliran darah ke perut menjadi melambat sehingga relaksasi usus dan otot menjadi melambat.
  • Menghindari tidur setelah Anda makan sebab bisa menyebabkan proses pencernaan Anda menjadi kacau dan makanan yang dikonsumsi sebelumnya tidak diproses seperti yang seharusnya.
  • Makan dengan perlahan-lahan agar makanan bisa diproses dengan lebih mudah dan nutrisi yang terserap bisa lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *