Kenali Jenis-jenis Tabungan yang Diselenggarakan Oleh Perbankan Indonesia

Saat ini dunia Perbankan Indonesia makin marak dengan kehadiran beragam Bank Pemerintah juga Bank Swasta Nasional dan Internasional yang beroperasi di berbagai wilayah di tanah air. Perusahaan Keuangan yang beraktivitas di bawah pengawasan Bank Indonesia ini menjadi mitra masyarakat dalam melayani segala jenis investasi dan kebutuhan finansial bagi nasabah penggunanya. Salah satu jasa layanan nasabah yang paling umum diselenggarakan oleh pihak bank adalah layanan tabungan atau simpanan dana tunai.

Dalam dunia Perbankan, layanan simpanan dana nasabah secara umum dibagi dalam beberapa jenis, yaitu di antaranya:

  • Simpanan konvensional

Simpanan konvensional adalah sejumlah dana yang disimpan di bank untuk dapat diambil kapan saja. Nasabah akan mendapat nomor rekening dan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri. Kartu ATM untuk mempermudah penarikan dana dimana saja. Nasabah akan mendapatkan kompensasi bunga sebesar antara 0,5% hingga 2% dan juga dikenakan biaya administrasi sebagai pengganti jasa yang telah dilakukan pihak bank. Simpanan nasabah di bank akan dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga tingkat sekuritas nasabah akan semakin terjaga.

  • Giro

Giro umumnya digunakan untuk keperluan transaksi bisnis nasabah perusahaan. Simpanan nasabah dibuat dalam bentuk cek dan bilyet giro serta mendapatkan laporan transaksi per bulan menggunakan rekening koran.

  • Simpanan Investasi

Jenis-jenis simpanan investasi di antaranya:

  • Deposito

Simpanan ini memakai syarat jangka waktu tertentu untuk penarikan dananya, dan nasabah akan mendapatkan pemasukan bunga yang tinggi sebagai kompensasi.

  • Simpanan terencana

Simpanan ini serupa dengan deposito namun disyaratkan untuk keperluan tertentu secara khusus. Misalnya simpanan dana pendidikan, perumahan, dan sejenisnya.

  • Saham

Simpanan ini berupa pembelian saham secara rutin ke pihak Bursa Efek Indonesia dan bank akan menyimpan laba transaksi saham dalam rekening simpanan.

  • Simpanan kurs

Simpanan ini berupa investasi mata uang asing yang memanfaatkan kondisi naik-turunnya kurs mata uang rupiah.

  • Simpanan haji

Simpanan ini digunakan untuk keperluan menjalankan ibadah haji. Nasabah akan direkomendasikan untuk kepastian jatah keberangkatannya ke Tanah Suci melalui simpanan ini.

 Inilah beberapa jenis tabungan rencana yang berlaku di Perbankan Indonesia yang dapat dipilih sesuai kebutuhan simpanan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *