Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Apakah bayi bunda sedang mengalami pilek? Ya, memang cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bukan perkara mudah, sebab dalam penanganannya tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui bahwa bayi itu tubuhnya masih sangat sensitif dan juga rentan, sehingga harus berhati-hati dan tidak bisa seenaknya saja. Tentu cara mengatasi pilek pada bayi tidaklah sama ketika orang dewasa yang pilek, karena harus benar-benar selektif dan penuh kasih sayang pastinya. Lalu bagaimana cara mengatasi pilek yang baik pada bayi? Dalam artikel ini akan dijelaskan oleh penulis.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Memang pada dasarnya penyakit flu atau pilek ini kerapkali terjadi pada bayi, bahkan akan lebih cepat terjadinya. Hal itu bisa dibilang wajar karena penyakit flu bisa saja terjadi kepada siapa saja. Meski pun tergolong penyakit yang ringan, tetapi jika dialami oleh bayi maka akan menjadi sesuatu yang teramat berat, hidung tersumbat dia belum bisa mengatasi, yang ada hanya akan menangis meminta perlindungan dari bundannya. Gejala awal yang dialami oleh bayi ketika hendak pilek adalah hidung tersumbat, tentu kita sebagai orang tua melihatnya tak tak tega, maka harus segera ambil tindakan supaya bayi dapat bernafas dengan lega dan nyaman.

Tips aman mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Mungkin bagi ibu yang masih baru tampak panik ketika mendapati bayinya mengalami hidung tersumbat atau pilek, maka yang dilakukan adalah tradisi jaman dulu yakni menyedot ingus milik bayi memakai mulutnya sendiri. Memang cara ini manjur dan cepat sembuh, tetapi tetap saja tidak baik untuk kesehatan bagi ibunya, apalagi jika si kecil masih minum asi, tentu itu akan berpengaruh. Maka dari itulah, cara seperti itu untuk sekarang ini sebaiknya tidak usah dilakukan, tetapi jika masih belum paham berkonsultasilah kepada dokter.

Tips aman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Nah bagi bunda yang masih bingung di bawah ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat.

  • Pakailah alat penghisap lendir pernafasan (nasal aspirator) yang khusus untuk bayi, untuk alat itu bisa dibeli dari apotik terdekat.
    Sebelum alat tersebut digunakan untuk bayi anda, maka sebaiknya sterilkan dulu bagian yang akan dimasukan ke dalam hidung bayi. Tenangkan bayi anda sebelum memasukan alat tersebut, setelah si kecil tenang maka barulah dimasukan alatnya, namun jangan terlalu dalam masuknya. Lakukanlah dengan hati-hati dan halus supaya hidung bayi tidak luka dan iritasi.
  • Supaya lendir bayi encer maka anda bisa meneteskan larutan garam (nasal saline) dengan menggunakan ujung pipit. Setelah lendir encer maka anda bisa membantu untuk mengeluarkannya dengan cara yang pertama tadi.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *