Belanda Negara Yang Menerapkan Teknologi Hidroponik Paling Maju

Pertanian merupakan salah satu sektor yang paling berpengaruh disemua negara, sebuah negara dikatakan maju bila sektor pertaniannya berjalan dan berkembang dengan baik. Kini dunia pertanian sudah memiliki teknologi tanam terbarunya, menanam kini sudah tidak mesti harus menggunakan tanah sebagai medianya. Teknologi terbaru dalam pertanian yaitu teknologi hidroponik. Hidroponik sendiri mempunyai arti menanam dengan menggunakan atau memanfaatkan air sebagai media nya tanpa harus menggunakan tanah. Air yang dibutuhkan dalam teknologi hidroponik lebih sedikit daripada harus menanam dengan tanah. Hidroponik juga dapat menjadi solusi menanam pada laha yang sempit.

Menanam dengan teknologi hidroponik sudah banyak dilakukan oleh negara-negara maju didunia, seperti halnya Belanda. Belanda merupakan salah satu negara yang menerapkan pertanian dengan teknologi hidroponik paling maju, dan juga negara kincir angin ini merupakan negara produsen produk hidroponik terbesar. Belanda juga dijadikan sebagai kiblat pengembangan produk hidroponik terbesar didunia. Luas lahan yang dimiliki oleh Belanda yakni mencapai 10.000 ha.

Komoditas hidroponik yang utama yaitu tomat, mentimun, paprika dan juga berbagai macam bunga potong. Yang tak kalah menarik yaitu kegiatan produksi didalam rumah kaca hampir semua menggunakan sistem teknologi hidroponik NFT dan kultur rockwoll. Dari produk hidroponik yang dihasilkan di Belanda dari beberapa komoditas, 50% didapat dari buah dan sayuran yang diproduksi di negara kincir angin tersebut dan untuk sasaran pasarnya hampir 50% ditujukan untuk ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *